Home » Profil

Profil

Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (Puslitbang LH) Universitas Hasanuddin didirikan pada tahun 1979 dan merupakan salah satu pusat penelitian tertua di Universitas Hasanuddin. Cikal-bakal pusat ini bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup (Puslitbang SALH). Puslitbang SALH pada waktu itu telah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta untuk melaksanakan penelitian yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
Kegiatan dan kapasitas Puslitbang SALH menjadi semakin meningkat setelah terbentuknya Kantor Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (PPLH) yang pada saat itu dijabat oleh Bapak      Prof. Dr. Emil Salim dan menjadikan Puslitbang SALH sebagai mitra utama dalam penelitian, pendidikan/pelatihan dan penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup khususnya di Indonesia Bagian Timur, yang ditandai dengan diberikannya Piagam Kerjasama pada tahun 1983.  Kantor Menteri Negara PPLH menjadikan Puslitbang SALH sebagai pusat binaan dengan menyediakan bantuan dana penelitian, pendidikan/pelatihan dan sejumlah fasilitas dalam rangka pengembangan lingkungan hidup.  Kerjasama tersebut terus berlangsung sampai Kantor Menteri Negara PUSLITBANG LH berubah nama menjadi Kantor Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KLH) dan akhirnya Menteri Negara Lingkungan Hidup(LH).
Nama Puslitbang SALH selanjutnya berubah menjadi Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Hasanuddin (PSL-UNHAS) dan terakhir menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup.  Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (Puslitbang LH-UNHAS) dalam mengembangkan misinya telah banyak bekerjasama dengan sejumlah instansi di dalam negeri pada tingkat daerah dan nasional, maupun luar negeri. Pada tingkat nasional, kerjasama tetap terjalin dengan Menteri Negara Lingkungan Hidup dan BAPEDAL Pusat. Pada tingkat regional dan daerah bekerjasama dengan BAPEDAL Wilayah III, BAPEDALDA dan BAPPEDA.  Kerjasama dengan pihak luar negeri antara lain CEPI-UCE Canada dan JICA Japan dalam rangka pengembangan penelitian dan pendidikan dalam bidang lingkungan hidup. Sejak tahun 1982 PSL UNHAS diberi kepercayaan untuk melaksanakan studi AMDAL, UKL dan UPL, serta melaksanakan kursus AMDAL Penyusun dan AMDAL Penilai (d/h AMDAL A, B dan C), serta sejumlah jenis pelatihan di bidang pengembangan lingkungan hidup lainnya. Pada tahun 2001 PSL Universitas Hasanuddin berubah nama menjadi Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Hasanuddin (PPLH LH-UNHAS).

Pada tahun 2011 PPLH-UNHAS berubah nama menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup (PUSLITBANG-LH) yang dibawahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin yang sebelumnya adalah Lembaga Penelitian.